Cara Cek Broken Link di Blog atau Website

Cara cek broken link di blog atau website

Mengapa trafik blog turun? Bisa jadi penyebabnya bisa jadi karena terdapat banyak link yang mati sehingga banyak link yang tidak valid. Berikut ini cara cek broken link di blog atau website.

Dalam beberapa kasus masalah broken link atau link mati ini menjadi masalah yang cukup serius. Jika kita tidak melakukan maintenance dengan baik tentu saja akan membuat visitor merasa frustasi dengan keadaan tersebut.Visitor yang tadinya dapat mengekplorasi blog kita merasa bosan dan cepat cepat mencari blog lain.

Cara cek broken link atau link mati di blog dengan brokenlinkcheck.com

Karena kurangnya Alat Deteksi masalah yang memadai (alias validator URL, Web Spider, HTML crawler, situs web analisa kesehatan dll) itu benar sangat sulit untuk mengidentifikasi apa yang tepat lokal dan eksternal (outbound) hyperlink menjadi mati, dan itu bahkan lebih sulit untuk memperbaikinya karena untuk membersihkan Anda perlu tahu lokasi yang tepat dari tag link yang rusak dalam kode HTML: tanpa itu Anda akan perlu untuk memindai melalui ribuan baris sumber untuk menemukan tepat HREF (atau subtag lain) yang menyebabkan masalah.

Dengan brokenlinkcheck.com Anda bisa dengan cepat mendeteksi link-link yang mati sehingga tidak perlu kesulitan untuk mengeceknya satu-persatu.

Cara Cek Broken Link

1. Pertama masuk ke website brokenlinkcheck.com

2. Masukkan link blog kalian di sertai www, contoh www.wikitekno.net kemudian klik “Find broken links”

3. Masukkan Captcha aktif yang di sarankan di website tersebut. Kemudian klik “Find broken links now!”

Cara Cek Broken Link di Blog

4. Tunggu proses sampai selesai

Cara Cek Broken Link di Blog

5. Jika sudah selesai maka tampilannya akan seperti dibawah ini

Cara Cek Broken Link di Blog

6. Klik pada url yang tersedia dan lakukan perbaikan pada link kalian.

7. Lakukan pengecekan lagi seperti step yang pertama hingga semua link benar-benar komplit aktif semua.

8. Done!

Jika masih kurang jelas, silahkan simak videonya dibawan ini:

Cara Cek Broken Link di Blog dengan siteliner.com

Kemudian cara yang kedua dengan menggunakan website Siteliner.com, Siteliner ini lebih seringnya digunakan untuk memeriksa secara keseluruhan mulai dari duplicate content, page size, speed, dan broken link.

Sama seperti broken link checker diatas, Anda hanya perlu buka situs Siteliner dan masukkan url situs Anda pada kolom yang disediakan, setelah itu klik “Go”.

Cara Cek Broken Link di Blog

Itulah cara cek broken link di blog agar kita mengetahui link-link yang sudah mati. Dengan memperbaiki link mati dan mengupdatenya visitor diharapkan tidak akan frustasi jika berkunjunng ke blog kita. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *